KARAKTERISTIK SERTA KONSEP PERANCANGAN DAN PEMELIHARAAN KOMUNITAS MEDIA ONLINE TOKOPEDIA
1.1 Pendahuluan
Belakangan ini marak aplikasi media sosial yang saling berlomba membantu
dan memberikan segala bentuk kemudahan kepada masyarakat. Aplikasi media sosial
yang salah satunya ikut meramaikan dunia global saat ini adalah aplikasi
belanja online. Belanja online memudahkan masyarakat yang hendak bertransaksi
tetapi enggan untuk pergi ke sebuah toko. Melalui aplikasi ini masyarakat tidak
hanya dapat menjadi pembeli melainkan menjadi penjual. Banyak aplikasi belaja
online sampai saat ini, salah satunya adalah Tokopedia. Tokopedia ini sama
halnya dengan aplikasi media sosial lainnya yang menawarkan kemudahan
bertransaksi antara penjual dan pembeli dengan memmberikan keuntungan yang sama
kepada kedua belah pihak.
Tokopedia berawal dari sebuah ide untuk mengatasi masalah penjual dan
pembeli online di Indonesia. Pembeli takut ditipu, sudah transfer uang tapi
barang tidak dikirim. Di sisi lain, individu dan pemilik UMKM yang mau
berjualan online sulit mendapat kepercayaan dan terbentur berbagai masalah,
mulai dari masalah teknik, biaya, koneksi ke bank, koneksi ke logistik hingga
sulitnya pemasaran. Walaupun ide untuk membangun Tokopedia sudah muncul sejak
2007, tapi perjalanan kedua founder, William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha
Edison, untuk mewujudkan ide tersebut tidaklah mudah. Selama 2 tahun
(2007-2009) mereka berusaha mencari pendanaan tapi ditolak dimana-dimana karena
saat itu kisah sukses perusahaan di Indonesia masih sangat minim.
Hingga di tahun 2009, Tokopedia berhasil mendapat kepercayaan dan pendanaan
awal. Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-64, Tokopedia resmi hadir
sebagai perusahaan internet yang menghubungkan penjual dan pembeli online di
seluruh Indonesia, dengan membawa visi besar untuk “Membangun Indonesia Lebih
Baik Lewat Internet”.
Saat ini sudah ada jutaan produk yang dikirim oleh para penjual di Tokopedia
ke seluruh Indonesia setiap bulannya. Produk pertama yang berhasil dijual
Tokopedia adalah kaos berwarna merah dengan tulisan “Kami tidak Takut” seharga
Rp 40 ribu.
1.2 Pembahasan
1.2.1 Karakteristik Tokopedia
1.
Tokopedia bekerja sama dengan Gojek dan Indomaret
Kerja sama dengan aplikasi transportasi dan logistik
Gojek telah berlangsung selama 3 bulan terakhir. Bentuknya berupa penambahan
fitur dalam aplikasi Tokopedia. Namun fitur ini masih dalam format beta dan
hanya dapat dinikmati pedagang yang tergabung dalam program Gold Merchant
Tokopedia. Kerja sama dengan Gojek ini menambah daftar mitra perusahaan
logisitik Tokopedia, di antaranya JNE dan Wahana. Selain Gojek, Tokopedia juga
bekerjasama dengan Indomart untuk bidang pembayaran. Tokopedia berharap,
melalui kerja sama ini dapat mempermudah pembeli yang tidak memiliki rekening
bank untuk membayar produk yang dibeli secara tunai di Indomaret.
2.
Tokopedia didominasi dengan warna hijau
Warna hijau itu identik dengan bumi yang menjadi
lambang dari kerendahan hati dan ketenangan. Nah di sini Tokopedia selalu
berusaha untuk “tidak egois” dan selalu melihat dari sisi pengguna
3.
Memiliki maskot berupa burung hantu
Burung hantu itu sendiri banyak dijadikan sebagai
simbol kecerdasan dan kebijaksanaan, serta burung hantu juga memiliki kemampuan
untuk melihat ke semua arah. Begitu pula dengan Tokopedia yang selalu berusaha
untuk melihat dari berbagai sudut, baik pembeli maupun penjual, dalam
mengembangkan layanan Tokopedia agar bisa semakin memudahkan semua pelanggan
4.
Keuntungan menggunakan Tokopedia sebagai tempat memperluas pasar jualan di
internet, adalah sebagai berikut:
1)
Website gratis untuk toko online dengan domain namatoko.tokopedia.com.
Contoh domain khusus ini bisa dilihat di versi demo tokopedia (www.tokopedia.net),
misalnya:
·
http://butikmama.tokopedia.net (toko baju)
·
http://kutubuku.tokopedia.net (toko buku)
·
http://koleksi-tas.tokopedia.net (toko tas)
Dengan domain yang bisa kita pilih & mewakili nama
toko yang kita miliki, maka akan lebih mudah mempromosikan toko onlinenya.
2)
Fitur e-commerce terpadu dalam satu website, gratis
Sekarang memang banyak sekali media untuk berjualan
online: misalnya lewat multiply, blogspot, facebook, dsb nya. Hanya saja
media-media tersebut tidak memiliki fitur e-commerce yang terpadu. Di Tokopedia
setiap seller otomatis akan mendapatkan feature e-commerce seperti: shopping
cart; management produk, etalase, gudang; dan lain lain. Singkatnya, tokopedia bisa
menjadi solusi di dalam membangun etalase dengan lebih baik, dan kita tetap bisa
memanfaatkan media lain sebagai ajang promosi.
3)
Memperluas Promosi
Fitur search-engine terpadu Tokopedia akan membantu
kita dalam mendapatkan calon-calon pembeli. Tokopedia secara berkala juga akan
melakukan promosi brand-awareness yang tentunya akan membantu kita untuk
mendapatkan potensi calon pelanggan.
4)
Closed BETA Invitation
Saat ini Tokopedia.com masih bersifat closed BETA,
dimana hanya undangan saja yang bisa membuka akun. Jika dianalogikan dengan
dunia nyata, masa closed BETA ini adalah masa dimana tokopedia mempunyai
kesempatan kepada pedagang untuk menghias toko dengan sebaik mungkin sebelum
dibuka untuk umum.
1.2.2 Konsep Perancangan dan Pemeliharaan Tokopedia
Tokopedia (www.tokopedia.com) hadir sebagai e-commerce baru yang inovatif
dan mengusung konsep kumpulan berbagai toko online di Indonesia. Segala
aktivitas jual beli dan proses transaksi akan dijamin keamanannya melalui
perantaraan Tokopedia. Konsep ini diharapkan dapat mewujudkan suatu bentuk mall
online yang memprakarsai dan mengkoordinasi sejumlah transaksi e-commerce.
Model Bisnis Tokopedia yang dijalankan adalah Marketplace C2C (Customer to
Customer). C2C merupakan salah satu
model e-commerce dalam hal ini konsumen menjual secara langsung pada
konsumen yang lain, atau dapat dapat juga dikatakatan sebagai transaksi
jual-beli antar konsumen. Aktivias C2C dapat dilakukan dengan berbagai cara
melalui internet. Model
bisnis dimana website yang bersangkutan tidak hanya membantu mempromosikan
barang dagangan saja, tapi juga memfasilitasi transaksi uang secara online. Indikator
utama bagi sebuah website marketplace yaitu: seluruh transaksi online harus
difasilitasi oleh website yang bersangkutan, bisa digunakan oleh penjual
individual
Kegiatan jual beli di website marketplace harus menggunakan fasilitas
transaksi online seperti layananescrow atau rekening pihak ketiga untuk
menjamin keamanan transaksi. Penjual hanya akan menerima uang pembayaran
setelah barang diterima oleh pembeli. Selama barang belum sampai, uang akan
disimpan di rekening pihak ketiga. Apabila transaksi gagal, maka uang akan
dikembalikan ke tangan pembeli. Cara mencari uang: layanan penjual premium,
iklan premium, dan komisi dari setiap transaksi. Jenis penjual: situs
marketplace seperti ini lebih cocok bagi penjual yang lebih serius dalam
berjualan online. Biasanya sang penjual memiliki jumlah stok barang yang cukup
besar dan mungkin sudah memiliki toko fisik.
Perjalanan Tokopedia dalam merintis startup hingga sukses seperti sekarang
ini bukanlah suatu hal yang terbilang mudah. Awalnya dua orang anak muda
bernama Leontinus Alpha Edison dan Wiliam Tanuwijaya terinspirasi dengan
Rakuten (www.rakuten.co.id), sebuah startup populer di Jepang yang mengusung
konsep mall online. Rakuten sukses menjadi mall online terbesar di Jepang dengan
mempekerjakan lebih dari 4000 karyawan serta memiliki lebih dari 50 juta user
yang teregistrasi. Konten lokal buatan Jepang tersebut ternyata dapat meraih
sukses besar dan mampu bersaing dengan website lainnya seperti eBay atau
Amazon.
Berbekal semangat, modal dari investor serta perencanaan konsep yang
matang, mulailah Leon dan Wiliam sepakat untuk bekerjasama dan mendirikan
sebuah startup online dibawah bendera perusahaan PT. Tokopedia. Pemilihan nama
Tokopedia juga melalui proses yang cukup panjang dan menyita waktu. Karena
biasanya nama startup sekaligus dipergunakan sebagai nama domain dan menjadi
salah satu ciri khas bagi keberadaan sebuah #startup. Sempat ingin menggunakan
domain “belanjaaman.com”, namun akhirnya tercetuslah ide untuk menggunakan nama
“Tokopedia” yang terkesan lebih unik, modern dan mudah diingat.
Tokopedia memanfaatkan word of mouth di jaringan anggota forum, untuk
menyebar pemasaran viral. Sebab, William dan Leon adalah Super Moderator dan
anggota aktif di Forum KafeGaul. Mereka selalu melibatkan komunitas untuk
menentukan pilihan logo, desain, dan semacamnya. Oleh karenanya, saat mereka
Tokopedia meluncur pertama kali dalam versi beta pada 17 Agustus 2009, mereka
sudah memiliki 70 toko di dalamnya.
Dalam waktu singkat, Tokopedia berkembang pesat, baik dari jumlah anggota
aktif, maupun jumlah toko baru yang dibuat. Sekitar enam bulan berselang,
Tokopedia membukukan total transaksi sebesar Rp 1 miliar. Dan dalam waktu
delapan bulan, meningkat lagi menjadi Rp 1,8 miliar. Dari hanya berdua, kini
Tokopedia juga telah mempekerjakan enam karyawan, dan dalam waktu dekat akan
menambah dua karyawan lagi. Mereka pun tak kesulitan untuk mencari investor
baru untuk first round investment. Sebuah Venture Capital asal Singapura
bernama East Ventures, justru datang menawarkan dana investasi baru kepada
Tokopedia.
1.3 Penutup
Berbagai jenis aplikasi sosial media yang ditawarkan
belakangan ini memang dapat dikatakan membawa dampak yang sangat besar pada
pola konsumtif masyarakat. Tokopedia yang merupakan salah satu media sosial
penawar transaksi online ini juga turut memberikan dampaknya. Banyak masyarakat
yang melakukan transaksi pada situs ini, baik sebagai pembeli maupun pengguna.
Toko online yang hadir pertama kali
ditengah-tengah masyarakat pada tahun 2009 ini memiliki beberapa karakteristik
khusus yang membedakannya dengan yang lain yakni : a) bekerja sama dengan Gojek
dan Indomaret; b) didominasi dengan
warna hijau; c) memiliki maskot berupa burung hantu.
Tokopedia memanfaatkan word of mouth di jaringan anggota forum. Tokopedia
juga menggunakan cara customer to customer dimana pembeli dapat bertatap
langsung dengan penjualnya. Melalui cara ini tokopedia berhasil mengajak
masyarakat untuk menggunakan jasanya sebagai salah satu tempat belanja online. Tokopedia
juga hadir sebagai e-commerce baru yang inovatif dan mengusung konsep kumpulan
berbagai toko online di Indonesia.(gta)
DAFTAR PUSTAKA
- https://id.wikipedia.org/wiki/Tokopedia
- https://www.tokopedia.com/help/payment
- https://www.tokopedia.com
thanks sangat informatif
BalasHapus